Curriculum
Vitae (CV) sedikit
berbeda dengan Resume. Namun
keduanya juga digunakan untuk lamaran pekerjaan. Cara
membuat lamaran pekerjaan dan cara membuat resume punya
trik khusus agar hasilnya sesuai harapan. Bagi anda mahasiswa yang ingin membuat lamaran pekerjaan atau membuat resume, di
bawah ini tips
cara menulis resume lamaran kerja yang baik. Membuat resume lamaran kerja yang baik akan
berpengaruh kepada tingkat kesempatan anda menjadi lebih tinggi dalam
mendapatkan pekerjaan.
Perbedaan
utama Curriculum Vitae (CV) dengan resume terletak pada
panjangnya, isinya, dan tujuannya. Resume adalah ringkasan pendek (satu atau dua halaman) berisi
rangkuman kemampuan Anda, pengalaman Anda, dan pendidikan Anda. Tujuan menulis
resume adalah memberikan sesuatu yang ringkas dan padat, karena, pembaca resume
hanya punya waktu sedikit untuk melihat kualifikasi Anda.
CV
adalah versi yang lebih panjang (lebih dari dua halaman),
yang merupakan sinopsis yang lebih detail. Di sini termasuk ringkasan
latarbelakang akademis dan pendidikan serta pengalaman riset dan mengajar Anda,
semua publikasi, presentasi, penghargaan, afiliasi, dan detil-detil lain.
(sumber)
Membuka usaha sendiri atau
bekerja pada sebuah perusahaan dapat menjadi pilihan. Jika pilihan Anda jatuh
pada bekerja di sebuah perusahaan dan tetap kuliah, maka Anda wajib membuat
resume yang benar pada surat lamaran pekerjaan. Dengan resume yang benar dan
menarik, peluang Anda untuk dipanggil dan mengikuti tes selanjutnya akan lebih
besar. Catat tips menulis resume berikut ini, khusus bagi Anda yang masih duduk
di bangku perguruan tinggi.
1.
Tuliskan Misi Yang Kuat
Tidak mudah bagi beberapa perusahaan untuk menerima
pegawai yang masih berstatus mahasiswa. Selain kurangnya pengalaman, tidak
sedikit mahasiswa yang mengabaikan pekerjaan saat dikejar tugas perkuliahan.
Demikian juga sebaliknya, banyak mahasiswa yang mendadak meninggalkan pekerjaan
demi mengejar ketertinggalan pelajaran perkuliahan, hal tersebut tentu
merugikan perusahaan. Karena itu, tulis misi yang kuat pada resume Anda, bahwa
Anda adalah calon pegawai yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda ajukan.
Anda memiliki bakat dan kemampuan pada bidang pekerjaan tersebut. Tawarkan apa
saja yang bisa Anda berikan pada perusahaan.
2.
Cantumkan Semua Keterampilan Dan Sifat Anda
Anda memang kurang pengalaman dibanding beberapa calon
pegawai yang telah menyandang gelar, tetapi Anda pasti memiliki keterampilan
dan sifat yang bisa ditawarkan pada bidang pekerjaan yang Anda ajukan. Tulis
pendidikan yang sedang Anda jalani pada daftar paling atas riwayat pendidikan
Anda. Pamerkan semua kemahiran Anda, kepiawaian menggunakan MS Office,
kemampuan bahasa dan kemampuan apapun yang berhubungan dengan bidang pekerjaan
yang Anda lamar. Tampilkan juga semua sifat yang menunjukkan bahwa Anda
memiliki kualitas, disiplin, tepat waktu, dapat bekerja dalam tim dan lain sebagainya.
3.
Sertakan Kursus/Penghargaan Yang Relevan
Selanjutnya, Anda bisa menuliskan semua kursus atau
penghargaan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya,
jika Anda melamar pekerjaan sebagai seorang design graphic, tuliskan jenis mata
kuliah relevan yang memiliki nilai-nilai baik. Tulis juga semua penghargaan
yang pernah Anda terima, misalnya lomba-lomba yang berkaitan dengan design
graphic. Tulis juga di mana saja Anda pernah menjalani kursus yang berhubungan
dengan design graphic. Hanya tulis hal-hal yang berhubungan dengan bidang
pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda menuliskan semua, maka itu akan membuang
waktu pihak HRD dan membuat Anda tampak tidak fokus.
Buat
resume lamaran pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya. Bagi mahasiswa yang ingin membuat resume, coba terapkan tips membuat resume yang baik di atas, untuk bisa mendapatkan peluang lebih besar
dalam mendapatkan pekerjaan sambil tetap kuliah ya.